Manajemen dan Konsep POAC


Image result for poac

Manajemen merupakan suatu cara memanipulasi sumber daya untuk mencapai tujuan yang sudah ditentukan sebelumnya. Manajemen menggunakan konsep POAC dalam melakukan pengelolaan organisasinya.

Planning à pengaturan tujuan agar kegiatan-kegiatan dapat berjalan dengan baik dan akhirnya akan mencapai tujuan. Dalam perencanaan ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Perencanaan harus jelas, dapat diukur, dapat dicapai, sesuai dengan sumber daya yang ada, dan adanya keterangan batas waktu yang jelas.

Organizing à proses untuk memastikan bahwa kegiatan-kegiatan telah berjalan dengan baik dan berjalan sesuai rencana. Aspek yang penting dari organizing adalah pengelompokkan kegiatan menjadi divisi-divisi. Agar tujuan tercapai dan berjalan dengan teratur, diperlukan pengorganisasian yang baik dan tepat.

Actuating à Pelaksanaan kerja harus sesuai dengan rencana yang telah disusun sebelumnya. Perlu adanya pengerahan pekerja agar masing-masing pekerja mempu bekerja sesuai dengan tugas dan fungsinya masing-masing.

Controlling à pengontrolan dan pengawasan terhadap aspek-aspek lainnya sehingga apabila terjadi ketidaksesuaian dapat segera ditangani dan dikoreksi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Table Manner, Tata Cara Makan Formal

Perjalanan Hidup Bapak Teknologi Pangan Indonesia, F. G. Winarno

Break Even Point