Apakah Mengonsumsi Udang Bersamaan dengan Vitamin C Berbahaya?

Sumber: https://id.pinterest.com/source/pittsburghhotplate.com/

Di suatu sore, Ayu, Dinda, dan Rosa hendak mengunjungi sebuah restoran yang baru dibuka di ujung Jalan Kembang Kuning. Restoran tersebut merupakan sebuah rumah makan yang menyediakan beragam menu makanan laut. Setibanya di sana, ketiganya segera menempati meja di tengah ruangan yang dihiasi dengan beragam gambar hewan-hewan laut. Kemudian, ketiganya memesan makanan yang sudah lama hendak mereka ingin coba.

Rosa memesan satu porsi udang, satu porsi ikan bakar, dan satu porsi kangkung cah. Ayu memesan es jeruk sebagai minumannya. “Hei, jangan makan udang dan minum es jeruk yang bervitamin C! Nanti kamu bisa keracunan Ayu,” sahut Dinda. “Ah masa sih? Itu kan cuma mitos. Iya kan, Ros?,” kata Ayu.  “Iya, Ayu bener Din. Itu cuma mitos aja,” jawabnya.  Kemudian, Rosa melanjutkan penjelasannya. Konsumsi udang dengan vitamin C secara bersamaan tidak akan menimbulkan keracunan arsenik dan kematian. Air laut mengandung arsenik sebanyak 1-2 mikrogram per liter. Arsenik merupakan unsur normal yang berada di dalam makanan laut. Arsenik dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu arsenik organik dan arsenik anorganik. Arsenik organik terdapat dalam makanan laut, sayur, dan daging. Lain halnya dengan arsenik anorganik yang memiliki sifat racun. Menurut WHO, jumlah arsenik yang normal pada makanan dan tidak akan menimbulkan gangguan adalah sebanyak 0,5-1 miligram. Kadar arsenik yang dapat menimbulkan kematian adalah sekitar 70-200 miligram. Udang sebagai makanan laut memang mengandung arsenik alami yang merupakan arsenik organik stabil. Berdasarkan media publikasi ilmiah Clinical Chemistry, senyawa arsenik yang masuk dalam tubuh melalui makanan akan langsung dikeluarkan melalui urin. Apabila memang kadar arsenik yang terkonsumsi terlalu banyak, maka akan timbul gejala keracunan arsenik berupa nyeri perut, muntah, diare, kram perut, dan rasa haus yang hebat. Titi Sekarindah, seorang pakar gizi dari Rumah Sakit Pusat Pertamina, mengatakan bahwa kemungkinan terjadinya keracunan pada saat makan udang bersama vitamin C disebabkan oleh kualitas udang yang sudah tidak bagus atau vitamin C yang bersifat asam mengganggu pencernaan si pengonsumsi.

“Begitu ya Ros? Aku baru tahu tentang masalah itu. Ya sudah kalau begitu aku juga pesan jus jeruknya satu ya,” sahut Dinda kepada pelayan restoran tersebut. “Banyaklah membaca Din, supaya tidak ketinggalan jaman!” sahut Ayu. “Iya deh nanti aku banyak baca-baca info,” kata Dinda dengan memalsukan wajah sedih. Ketiganya tertawa dan kemudian mereka melanjutkan makan malam dengan makan dan bercakap-cakap.

Penulisan Sains Populer Eksposisi

Sumber:
https://lifestyle.okezone.com/read/2016/09/28/481/1500532/minum-jeruk-setelah-makan-udang-sebabkan-kematian
https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20141215113728-262-18166/kombinasi-udang-dan-jus-jeruk-bisa-mematikan/
http://www.klikdokter.com/info-sehat/read/2961660/makan-udang-dan-vitamin-c-bersamaan-bisa-berujung-kematian

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Table Manner, Tata Cara Makan Formal

Perjalanan Hidup Bapak Teknologi Pangan Indonesia, F. G. Winarno

Break Even Point