Pemrosesan Ikan di Honolulu Fish Co.

sumber: honolulufish.com

Pernahkah kamu melihat bagaimana cara memproses ikan segar hingga menjadi fillet-fillet yang dijual di supermarket? Video di bawah akan memperlihatkan proses pemotongan ikan tuna ahi, pengemasan fillet ikan gindara, dan pemotongan ikan salmon segar. Pemrosesan tersebut dilakukan oleh sebuah perusahaan pemrosesan ikan, yakni Honolulu Fish Co. di Hawaii.



Proses pemotongan dimulai dengan pemisahan tubuh dari kepala ikan. Tubuh ikan yang telah terpisah akan disiram air dengan selang untuk membersihkannya dari sisa darah. Kemudian, sirip ventral (perut) dipotong dan diikuti pula dengan pemotongan sirip pectoral. Lalu, ikan akan dipotong menjadi empat bagian. 

Pertama-tama, ikan dipotong menjadi dua dari sisi bawah (ventral) dan dari sisi atas (dorsal) tubuh ikan. Setelah itu, ikan dipotong kembali sepanjang garis lateral sehingga diperoleh empat potong daging ikan. Setiap potong akan dibersihkan dari tulang, dilakukan pengikisan bloodline (bagian gelap pada daging ikan), dan dipotong daging perutnya. Potongan ikan akan diletakkan di atas baki yang dialaskan handuk kertas. Selanjutnya, potongan-potongan ikan diberi label yang memuat informasi berat ikan, berat potongan daging ikan, harga, temperature penyimpanan, dan tanggal produksi. Ikan yang sudah diberi label akan diletakkan di rak.

Perusahaan Honolulu Fish Co. mengemas potongan-potongan ikan menggunakan plastik Cryovac dengan alat segel vakum. Di dalam plastik, potongan ikan dibalut dengan absorbent pad untuk menyerap kelebihan kelembaban pada daging. Setelah itu, potongan-potongan ikan akan dikemas ke dalam dus yang telah diisi papan styrofoam, bubble wrap, mylar bag, dan gel ice-pack. Dus akan diikat dengan tali plastik polipropilen. Kemudian, dus-dus yang berisi ikan akan didistribusikan ke tangan konsumen.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Table Manner, Tata Cara Makan Formal

Perjalanan Hidup Bapak Teknologi Pangan Indonesia, F. G. Winarno

Break Even Point