Masalah Pangan di Indonesia


Salah satu kebutuhan mendasar manusia adalah pangan. Apabila kebutuhan pangan masyarakat tidak terpenuhi maka akan terjadi suatu masalah yang disebut kelangkaan pangan. Masalah pangan tidak hanya sebatas kelangkaan bahan makanan namun dapat juga berupa degradasi lahan penanaman bahan pangan, krisis air, hama dan penyakit tanaman, perubahan iklim, serta kurangnya sumber daya manusia yang handal dalam mengolah bahan pangan. Masalah pangan merupakan rintangan-rintangan dalam terwujudnya ketahanan pangan.

Apa yang dimaksud dengan ketahanan pangan? Menurut UU No. 18 Tahun 2012, Ketahanan Pangan adalah kondisi terpenuhinya pangan bagi negara sampai dengan perseorangan, yang tercermin dari tersedianya pangan yang cukup, baik jumlah maupun mutunya, aman, beragam, bergizi, merata, dan terjangkau serta tidak bertentangan dengan agama, keyakinan, dan budaya masyarakat, untuk dapat hidup sehat, aktif, dan produktif secara berkelanjutan.

 Namun ketahanan pangan tidak sebatas ketersediaan bahan pangan yang cukup saja melainkan pangan harus dengan mudah didapatkan dan kualitasnya harus terjamin. Dengan sumber daya Indonesia yang melimpah, hendaknya masyarakatnya memanfaatkan hasil bumi Indonesia dengan optimal. Kebutuhan pangan negara Indonesia kiranya dapat dipenuhi di dalam negeri. Dengan begitu, Indonesia mampu mencapai suatu situasi yang disebut kemandirian pangan. Kemandirian pangan yaitu situasi dimana sebuah negara tidak lagi bergantung dengan pihak lain untuk mencukupi kebutuhan pangan masyarakatnya.

Dalam mewujudkan kemandirian pangan, dibutuhkan partisipasi dan kerja sama yang baik antara pemerintah dan masyarakat. Kedua pihak harus membantu satu sama lain. Pihak pemerintah berperan sebagai penyedia sarana dan prasarana seperti teknologi dan pendidikan bagi masyarakat. Sedangkan peran masyarakat sebagai konsumen yang mencintai produk dalam negeri dan menjadi tenaga kerja di berbagai bidang yang berkaitan dengan pangan.

Masalah pangan suatu negara juga berpengaruh terhadap kesejahteraan hidup rakyatnya. Apabila kebutuhan pangannya tercukupi maka kinerja rakyat dan kualitas hidupnya pun akan meningkat pula. Maka masalah pangan di Indonesia sudah selayaknya mendapatkan perhatian dan diselesaikan sebagai langkah awal membangun negara yang sejahtera.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Table Manner, Tata Cara Makan Formal

Perjalanan Hidup Bapak Teknologi Pangan Indonesia, F. G. Winarno

Break Even Point